Ketidaktahuan luas tentang Ketentuan Relay Otomotif

1. SPST atau SPDT

Ketika Anda pergi untuk membeli relay dan melihat inisial ‘SPST / kontak SPDT’, apa artinya?

SPST berarti ‘Tiang tunggal, lemparan tunggal’. Pertama-tama ‘Tiang tunggal’, apa itu? Ini adalah saklar on-off satu kutub yang sederhana. Bukan dua kutub tetapi satu kutub. Kasus yang sangat sederhana, paling sederhana yang Anda tahu.

Dan bagaimana dengan ‘lemparan tunggal’? Ini berarti satu posisi untuk menutup kontak. Bukan ganda tapi tunggal.

Nama Inggris untuk itu adalah: ‘Satu arah’ – karena artinya Anda hanya memiliki baterai lithium otomotif satu cara untuk arus listrik. Entah itu terhubung atau terputus, tetapi caranya adalah satu.

Sementara orang Amerika menyebutnya ‘Dua arah’ karena mereka berarti Anda memiliki dua kabel yang terhubung ke saklar semacam itu. Hanya pendekatan yang berbeda.

Bagaimana dengan SPDT? SP = ‘Tiang tunggal’, seperti yang Anda ingat. Dan DT? Ini adalah ‘lemparan ganda’. Saklar pergantian sederhana. Dua posisi untuk menutup kontak.

Orang Inggris menyebutnya ‘Dua Arah’ karena Anda memiliki dua cara untuk arus. Namun, orang Amerika menyebutnya ‘Tiga Arah’. Mengapa? Mereka berarti Anda memiliki tiga kabel yang terhubung ke sakelar.

Beli jalan, kontak ini adalah yang paling populer di relay. Secara umum, Anda dapat memenuhi persyaratan lainnya: DPDT, misalnya. Tapi sekarang Anda tahu cara menguraikannya:

DP = Tiang ganda,

DT = lemparan ganda.

2. ISO

Misalkan, Anda memenuhi istilah ini: Otomotif ISO Plug-in Relays. Apa inisial ini – ISO-berbicara tentang?

Pertama-tama, ISO = Organisasi Standar Internasional.

Tapi itu tidak cukup untukmu, bukan? Apa arti istilah ini dalam praktik?

Dalam praktiknya itu berarti bentuk terminal yang spesifik. Setiap terminal memiliki lebar 6,35 mm (1/8 “) dan panjang 11 mm (7/16”). Dan jumlah mereka berasal dari spesifikasi DIN Jerman asli.

Terminal 85, 86 mungkin merupakan terminal koil. Dan 30, 87, 87a mungkin merupakan terminal kontak.

Ngomong-ngomong, alih-alih istilah ‘terminal’ Anda dapat menemukan istilah ‘kontak’. Kemudian, seperti yang Anda lihat, ini agak memalukan: ‘kontak’ dapat berarti ‘terminal’ (= konduktor untuk menghubungkan relai ke sirkuit luar, titik koneksi), dan ‘kontak’ dapat berarti ‘kontak’ (= sebuah bagian dalam relai yang jasa derek mobil jogja membuat atau memutuskan koneksi, persimpangan di mana dua konduktor listrik bersentuhan untuk melakukan kontak fisik).

Itu sebabnya untuk menghindari rasa malu ini saya menggunakan istilah ‘terminal’ untuk koneksi luar dan istilah ‘kontak’ untuk kontak dalam.

Yakov Skir adalah insinyur listrik yang berspesialisasi dalam relay listrik. Apa yang benar-benar unik tentang dia – setiap masalah yang dia teliti di kedua sisi: sisi positif versus sisi negatif, keuntungan vs kerugian, manfaat vs kelemahan, pro vs kontra.

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *