Membuat Irigasi Tetes dari Botol Bekas

Hidroponik adalah sistem penanaman, di mana kita dapat mengatur nutrisi pada akar. Selain itu, diketahui bahwa sistem hidroponik juga dikenal tanam tanpa tanah.

Pada kesempatan ini kita akan membahas irigasi tetes. Untuk menanam sayuran dalam jumlah besar, petani hidroponik sering menggunakan alat seperti pompa, pipa primer, pipa sekunder, timer dan tongkat tetesan.

Sistem irigasi hidroponik dengan alat lengkap membuatnya tentu mudah, tetapi untuk pemula dan penghobi yang menanam dalam jumlah kecil, apakah ada alternatif lain yang murah?

Tentu saja ada! Tetes irigasi pada skala kecil, Anda dapat menggunakan botol bekas.

bagaimana caranya ?

Botol di sini berfungsi sebagai tangki air nutrisi. Di bagian bawah botol, diberi lubang kecil untuk output nutrisi secara perlahan.

Baik! Karena itu, nutrisi diberikan langsung ke akar perlahan. Namun, dia masih harus dengan rajin mengisi ulang botol irigasi tetes jika sudah selesai. Anda dapat mengisi setiap pagi, tengah hari dan sore.

Langkah-langkah untuk membuat irigasi tetes dengan botol adalah sebagai berikut:

1. Siapkan sarana penanaman dalam kantong polietilen yang telah ditanam dengan sayuran.
2. Siapkan botol plastik besar berukuran 1,5 liter, dan lubang latar belakang.
3. Di ujung penutup botol, berikan beberapa lubang kecil.
4. Tanam botol dengan posisi terbalik dekat (sebelah) tanaman sayur tadi.
5. Isi botol dengan air nutrisi basah, 3 kali sehari.
Baik! Dengan demikian, inilah tutorial bagaimana membuat sistem irigasi tetes sederhana. Sistem ini hanya disarankan untuk skala tes dan skala kecil. Jika Anda menanam lebih dari 50 tanaman, tentu saja, metode ini menguras energi.

Mengenal Water Cone
Water cone tetes akar adalah salah satu alat perlengkapan berkebun yang mempunnyai teknologi tinggi dengan cara kerja sederhana, dengan cara memberi air atau nutrisi langsung menuju ke akar tanaman.

Metode ini Sangat berguna untuk mereka yang tidak bisa menyiram tanamannya secara periodik. Penggunaannya pun sangat praktis dan sangat mudah. Water cone juga bisa digunakan diberbagai jenis leher pada botol plastik.

Cara pemakaian water cone:

Potong ujung cone dan sisi yang cekungan, lubang pertama berjarak 2 cm dari bawah dan lubang kedua 3 cm dari lubang yang pertama.
Teknik melubangi dapat juga menggunakan peniti yang dipanaskan di api, lalu tusuk watercone sehingga berlubang. Semakin kecil lubang yang dibuat maka semakin kecil air yang keluar, semakin lama waktu air yang ada di dalam botol habis.
Siapkan botol yang telah diisi air dan nutrisi, sambungkan botol dengan watercone. Lalu Tancapkan di dekat akar pada tanaman, 2/3 bagian watercone. Ingat Jangan sampai melukai akar.

Spesifikasi water cone irigasi tetes akar :
Tinggi: 14 cm
Diameter: 3 cm
Material: Plastik
Warna: Hijau, biru
Catatan: Warna yang dikir

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *