Mencicipi “Hot Plate” Mie Ayam di Warung Mie Ayam Pak Bambung Yogyakarta

Sepertinya hampir semua orang Indonesia tahu mie ayam. Tapi bagaimana dengan mie ayam goreng, mie ayam panggang, atau mie ayam Hot Plate? Sudah tidak asing lagi dengan kuliner kuliner? Kanan?

Nah, di Jogja ada toko mieayammahmud.com yang menyajikan makanan di atas. Nama warungnya adalah Mie Ayam Pak Bambung. Warung yang terletak di utara SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta (sebelah barat Hotel Tentrem) telah berdiri lebih dari tiga tahun – tanpa lelah.

Mie ayam hot plate ini adalah sejenis Hidangan Khas dengan Mie Ayam Pak Bambung. Awalnya, Mie Ayam Pak Bambung hanya memiliki persediaan lima piring besi untuk mie ayam hot plate. Tetapi karena makanan ini semakin dikenal dan diminati, sekarang ada lebih banyak wadah. Jadi Anda tidak perlu khawatir kehabisan piring panas saat pergi ke sana.

Karena panas, diamkan sebelum makan
Karena penasaran, ketika saya tiba kemarin saya memesan dua kali makan sekaligus, yaitu hot plate ayam dan mie ayam panggang.

Saya tidak perlu menunggu lama. Sesaat pesanan saya tiba. Mie ayam piring panas masih sangat panas – malah direbus – dan mengeluarkan suara “batuk … kawan …” Jadi, Anda tidak langsung memakannya. Diamkan sebentar sebelum dikonsumsi.

Mie ayam panas ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan mie ayam pada umumnya. Hanya saja, ketika sudah agak matang dan dicampur dengan bumbu, mie dimasukkan ke dalam wadah besi panas mendidih. Untuk membuatnya lebih lezat, mie ayam ditaburi bawang goreng.

Mie ayam bakar lainnya. Jika mie ayam piring panas dituangkan ke dalam wadah besi, mie ayam panggang dimasukkan ke dalam daun pisang dan kemudian dibakar. Aromanya menggoda, terutama rasanya.

Agak manis dan tebal
Setelah menunggu sebentar, saatnya mencicipi mie ayam hot plate. Rasanya hampir sama dengan mie ayam pada umumnya. Bedanya, mie ayam Pak Bambung agak manis dan kental – mungkin karena masih panas. Taburan bawang goreng juga membuatnya terasa lebih gurih.

Hot plate terjual habis, saya kemudian mencicipi mie ayam bakar lengkap, yang diisi dengan cakar, sosis, bakso dan jamur (ditambah telur ceplok akan menjadi sangat istimewa). Dibandingkan dengan hot plate, mie ayam bakar lebih harum dan kering. Mungkin karena sup cair sejak awal sudah terpisah.

Pokoknya mie ayam panas dan mie ayam panggang keduanya lezat. Jika Anda masih tidak percaya, coba datang sendiri ke Warung Mie Ayam Pak Bambung. Tetapi perhatikan: toko ini hanya buka dari jam 10 pagi sampai sekitar jam 4 sore (kadang-kadang bahkan jam setengah lewat).

Jadi apa yang ingin Anda coba dulu? Mie ayam panas atau mie ayam panggang?

You Might Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *